fbpx
Bagaimana Sebuah Konten Menjadi Viral?
Bagaimana Sebuah Konten Menjadi Viral?
Viral-Marketing

Bagaimana Sebuah Konten Menjadi Viral?

Perkembangan sosial media di tengah masyarakat menjadi perkembangan terbaru dari teknologi internet. Setiap orang yang memiliki smartphone pastinya memiliki akun sosial media yang tersaji dari berbagai konten. Baik tulisan, gambar maupun video yang menarik dapat menarik atensi dan menjadi terkenal dalam waktu yang singkat. 

Terutama saat kamu menjalankan pemasaran digital. Penting sekali untuk mengetahui bagaimana sebuah konten dapat menjadi viral. Simak penjelasan lebih lengkap pada artikel ini. 

Karakteristik Platform Sosial Media

Media sosial sangat lekat kaitannya dengan distribusi penggunaan teknologi informasi dan komunikasi. Adapun sebagai user didalamnya, platform sosial media memberikan keleluasan untuk user memproduksi sendiri berbagai konten yang menarik (user generated content). Cara kerja karakteristik platform sosial media menggunakan peningkatan popularitas individu (popularity), konektivitas antar user (connectivity) dan pastinya, terdapat banyak data di dalamnya (datafication

Saat sebuah user menghadirkan konten yang memberikan efek trigger kepada viewers. Maka sudah pasti akan menjadi viral dalam waktu tertentu. Misal, sebuah brand kecantikan memproduksi konten sosial media yang lekat dengan kecenderungan konsumen. Saat kompetitor menetapkan standar kecantikan dengan wajah putih dan glowing. Brand tersebut memberikan konten yang berbeda dengan menjelaskan standar kecantikan dari warna wajah yang berbeda. 

Sehingga brand yang dapat mengayomi berbagai konsumen dengan warna kulit yang berbeda. Brand tersebut dapat diterima baik oleh masyarakat dan makin dikenal di masyarakat. Tentu saja, ujungnya akan berdampak pada keuntungan untuk brand maupun user

Konten dengan Topik Menarik

Konten dengan memiliki konten menarik pastinya sangat mudah untuk disukai banyak orang. Selain itu, konten kamu harus mampu memuaskan rasa penasaran dan jawaban dari permasalahan follower kamu. Beberapa konten mungkin saja dapat menjangkau berbagai segmen follower yang luas. Namun dengan konsistensi konten yang melekat akan memudahkan brand/persona kamu lebih mudah diingat dan menjadi top of mind di kemudian hari. 

Selain membuat konten yang menarik, penting sekali untuk menghadirkan Public Attention yang nyata dengan brand/persona akun sosial media kamu. Membuka diskusi yang berkaitan dengan produk kamu akan memudahkan penyebaran awareness dari brand kamu. Sehingga akan menghadirkan ruang diskusi yang hidup dan shareable. Bukan tidak mungkin, kampanye kamu dapat menjadi tren baru di sosial media dalam waktu tertentu. 

Berbagi Konten yang Viral pada Waktu dan Tempat Tertentu. 

Mengemas sebuah konten untuk kepentingan branding pastinya akan berhadapan langsung dengan tren yang sering berubah. Selain itu, kebijakan dari layanan platform sosial media akan selalu berubah sehingga menuntut kamu untuk selalu tetap up to date perkembangan kebijakan terbaru. 

Beberapa konten trending bisa saja dapat trending di sosial media lain. Namun seringkali tren tersebut bisa saja hanya dapat trending di satu sosial media saja. Sehingga memahami konteks sebuah konten viral menjadi penting karena akan memudahkan kamu untuk membuat konten yang baik untuk brand kamu. 

Membuat konten viral pada intinya merupakan sebuah bonus dari proses memahami gagasan ide yang telah dibuat. Konten viral harus tersebut sesuai dengan kebutuhan dan keinginan follower. Sehingga konten tersebut dapat membuat seseorang tertarik untuk membaca, membagikan dan mendiskusikan dengan orang lain. 

Kamu juga bisa konsultasikan langsung dengan berbagai inspirasi konten yang menarik dengan Trans Media Sosial. Layanan In-House Digital Agency terkemuka di Indonesia dibawah naungan CT-Corp.

Avatar photo

tms

One Comment

Manfaat dan Jenis Digital Campaign untuk Brand – TMS
July 27, 2022 11:33 am

[…] Marketing bisa berupa apa saja yang dibuat secara khusus dengan menyamakan trend yang sedang viral. Konten yang dibuat haruslah menarik, bisa menghadirkan public attention terhadap brand tersebut […]

Leave a Reply