fbpx
Keunggulan Omnichannel untuk Bisnis
Omnichannel-mean-banner

Keunggulan Omnichannel untuk Bisnis

Dewasa kini, dunia pemasaran terus berkembang dengan berbagai saluran pemasaran yang dapat dikembangkan untuk kebutuhan pemasaran di jaman digital. Berbagai pilihan saluran marketing, terutama yang berkaitan dengan digital harus dapat dikombinasikan. Tujuannya adalah untuk meningkatkan pendapatan dan juga sebagai branding dari sebuah bisnis. Simak lebih lanjut mengenai Omnichannel Marketing serta keunggulannya dibandingkan dengan saluran marketing lain pada artikel ini. 

Apa Itu Omnichannel Marketing? 

Omnichannel Marketing memiliki pengertian dari suatu kesatuan dari berbagai saluran (channel) yang saling terhubung antara satu sama lain yang berkaitan langsung dengan calon konsumen baru maupun konsumen setia (loyalty consumer). Strategi tersebut diharapkan dapat meningkatkan pengalaman consumer journey konsumen sampai akhirnya melakukan pembelian produk. 

Integrasi antara satu saluran marketing terhadap saluran lain menitikberatkan pada kepuasan konsumen (consumer-centric). Hal tersebut dikarenakan omnichannel marketing memaksimalkan interaksi dengan konsumen dari kanal mana saja. Sehingga konsumen akan semakin dekat dengan brand dan memberikan pengalaman yang positif terhadap brand kamu, mulai dari sosial media, website sampai layanan hotline. 

Keunggulan Omnichannel Marketing 

Dibandingkan dengan channel lain sejenis seperti multichannel marketing, strategi pemasaran omnichannel marketing menawarkan pengalaman penuh terhadap kepuasan konsumen. Selain itu, pengelolaannya lebih mudah karena dapat diatur dalam satu kanal utama yang menyajikan dari berbagai saluran marketing digital. Berikut keunggulan omnichannel marketing yang dapat menjadi pilihan brand kamu untuk bersaing dengan kompetitor. 

Meningkatkan Kepuasan Konsumen. 

Saluran pemasaran bisnis yang saling terhubung akan memberikan kenyamanan bagi konsumen dalam berbelanja. Semakin nyaman konsumen mengenali produk maupun brand maka meningkatkan kemungkinan konsumen dalam berbelanja. Selain itu, konsumen juga tidak perlu repot untuk mengunjungi toko fisik karena semua layanan telah tersedia secara online dan dapat diakses dari smartphone saja. 

Memperkokoh Brand Recall

Integrasi dari berbagai saluran dan konsisten dapat membuat konsumen semakin mudah untuk mengingat produk maupun layanannya. Sehingga brand recall dapat kokoh juga di dalam mindset konsumen. Selain itu, konsumen juga akan mempercayakan brand kamu menjadi pilihan utama yang terlintas dalam benaknya, dibandingkan dengan kompetitor yang sejenis. 

Mempelajari Behaviour Konsumen 

Omnichannel marketing memiliki keunggulan dalam mendapatkan data konsumen yang dibutuhkan oleh pemilik bisnis. Data-data tersebut yang dihimpun dapat memahami keinginan konsumen yang lebih baik. Beberapa hal lain yang dikelola dari data konsumen dapat disesuaikan dengan strategi campaign (iklan) yang dapat sesuai dengan karakter konsumen bisnis kamu. 

Meningkatkan Pendapatan

Secara keseluruhan, semakin mudahnya konsumen dapat menjangkau produk dan layanan bisnis kamu, serta tingginya brand recall yang tertanam dalam mindset akan membawa bisnis kamu menjadi Top of Mind dibandingkan dengan kompetitor kamu. Sehingga pada akhirnya akan meningkatkan pendapatan dari bisnis kamu. 

Contoh Omnichannel Marketing dalam Bisnis

Calon konsumen bernama putri sedang melakukan pencarian baju Ramadhan di sosial media. Saat mencari dia menemukan beberapa baju menarik di beberapa akun brand. Selang berapa lama pencarian tersebut harus dihentikan karena putri harus kembali bekerja. 

Saat jam istirahat tiba, putri mendapatkan notifikasi beberapa rekomendasi baju Ramadhan dengan harga diskon dari beberapa platform marketplace. Seketika putri tertarik untuk memasukan beberapa pilihan baju Ramadhan yang cocok dengan selera. Waktu istirahat putri selesai dan putri kembali bekerja. 

Saat jam pulang, putri pun melakukan pembelian karena mendapatkan notifikasi barang yang diincar akan segera habis. Proses transaksi berlangsung dan putri pun langsung mendapatkan informasi mengenai detail transaksi. Keesokan harinya, putri mendapatkan informasi mengenai resi pengiriman yang menandakan baju yang dibeli telah dikirimkan. 

Ketika barang tiba, putri merasa puas akan barang yang dipesannya. Pada kotak pengiriman tertera pula nomor customer service untuk keluhan maupun kerusakan produk selama pengiriman. Begitulah pengalaman putri sebagai konsumen saat merasakan Omnichannel marketing dalam bisnis baju Ramadhan. 

Putri dapat merasakan pengalaman berbelanja dari berbagai platform digital dari mulai awareness (kesadaran) sampai conversion (pembelian). Semuanya dapat dirasakan hanya melalui smartphone saja. Sehingga putri pun tidak perlu mengunjungi toko fisik yang memakan banyak waktu dan biaya. 

Begitulah penjelasan lengkap mengenai omnichannel marketing. Omnichannel marketing sangat cocok untuk kamu yang akan terjun langsung pada persaingan bisnis online. Pentingnya untuk memaksimalkan performa dari masing-masing saluran marketing serta mengintegrasikan antara satu sama lain akan meningkatkan kepuasan konsumen, tentu saja berkaitan juga dengan peningkatan keuntungan dari bisnis yang kamu tawarkan. 

tms

No Comments

Leave a Reply