fbpx
Pentingnya Penggunaan Masker Ganda
Masker Ganda

Pentingnya Penggunaan Masker Ganda untuk Cegah Diri dan Keluarga dari Covid-19

Munculnya berbagai mutasi dari Covid-19 yang lebih cepat menular mengharuskan masyarakat untuk lebih memperhatikan dan meningkatkan lagi protokol kesehatan untuk mencegah diri dan keluarga dari virus tersebut. Salah satu hal utama yang dapat mencegahnya ialah penggunaan masker ganda sehingga dapat meningkatkan filtrasi udara yang dihirup dan dihembuskan.

Menurut para ahli, penggunaan dua masker dapat meningkatkan tingkat efektifvitas untuk melindungi dari virus Covid-19. Seperti yang sudah diketahui sebelumnya bahwa masker bedah mampu menghalangi partikel udara yang berpotensi menularkan Covid-19 sebanyak 84,3 persen. Sedangkan jika kita menggunakan masker ganda, yaitu masker bedah dan masker kain, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit AS maka perlindungannya akan meningkat hingga 96,4 persen.

Cara penggunaan dua masker yang direkomendasikan adalah menggunakan masker bedah dan masker kain. Masker bedah pada lapisan pertama, lalu masker kain pada lapisan kedua. Namun perlu diingat masker kain yang dipakai tidak boleh masker sembarangan, melainkan masker kain  dengan 2-3 layer. WHO dan Kemenkes RI juga telah menganjurkan pemakaian masker ganda untuk pencegahan transmisi mutasi virus Covid-19, yaitu dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih masker yang memiliki beberapa lapisan untuk mencegah droplet
  2. Masker medis  digunakan secara proper harus menutupi area hidung hingga dagu tanpa gap di bagian kedua sisi wajah.
  3. Bagian nose wire diperketat untuk mencegah kebocoran transmisi
  4. Masker medis dilapisi dengan masker kain katun yang breathable
  5. Masker medis dilapisi dengan mask fitter untuk mencegah kebocoran dari sisi samping

Meskipun pemakaian masker ganda sangat dianjurkan, tetapi erdapat beberapa hal yang harus dihindari dalam penggunannya, yaitu sebagai berikut:

Penggunaan masker bedah secara ganda

Menurut Dokter Spesialis Patologi Klinik Primajaya Hospital yang dikutip dari kompas.com, pemakaian masker bedah secara ganda dengan jenis yang sama tidak direkomendasikan karena tidak akan memberikan perlindungan yang lebih baik. Masker bedah masih memiliki area pada sisi samping sehingga berpotensi terjadinya kebocoran (leaking structure).

Penggunaan masker KN95 secara ganda

Lebih lanjut, dr Wita juga menyatakan bahwa masyarakat dihimbau untuk tidak menggunakan kombinasi masker KN95/N95 dengan masker lainnya. Cukup hanya dengan salah satu respirator KN95 atau N95 saja.

Penggunaan masker lebih dari 4 jam

Selain itu, penggantian masker juga dianjurkan agar dilakukan setelah penggunaan lebih dari 4 jam, terutama jika masker tersebut basah, rusak, ataupun kotor karena terkena noda dari makanan atau minuman.

So, sekarang udah jelas, kan, mengapa kita dianjurkan untuk mengguankan masker ganda? Yuk, kita tingkatkan lagi protokol kesehatan demi melindungi diri dan keluarga dari Covid-19!

tms

No Comments

Leave a Reply